Purpose Oriented Brand

Bukan sekedar mencari profit

Berawal dari tahun 2019 saat masih menjadi Men's Republic dan Women's Republic, saat itu kami beruntung sekali dapat bertemu sosok public figure yang sangat humble dan seniman muda yang berkarya dengan hati yaitu Chelsea Islan. Setelah berkali-kali bertemu, kami mulai terpikir untuk melakukan sebuah projek kolaborasi. Bersama Chelsea Islan dan organisasi sosial Youth of Indonesia yang dipimpinnya, kami merasa memiliki semangat yang sama, yaitu anak muda Indonesia harus berkarya dan berdampak.
 
"Gimana kita bikin something yang seru dan impactful yuk guys?!"
 
Akhirnya, tercetuslah inisiatif sosial dari kami yaitu #IndonesiaMelangkah, dimana kami memproduksi sepatu yang melambangkan 3 pilar yaitu youth, education and nationalism. Seluruh keuntungan sepatu tersebut, kami donasikan melalui Shoes 4 Flores, sebuah organisasi sosial di Flores yang peduli dengan nasib anak-anak Flores. Hasil keuntungan didonasikan untuk diproduksikan sepatu dan diberikan kepada anak - anak Flores yang membutuhkan untuk menunjang aktivitas pendidikan mereka.
 
 
 
Proses di balik campaign ini sangat menyenangkan. Jujur, dari selama ini kami bekerja sama dengan banyak public figure, Chelsea adalah yang terbaik. Aura positif dan cerianya selama proses shooting sangat mencairkan suasana. Chelsea juga sangat suportif, bersama-sama kami ingin membuat campaign ini berhasil!
 
Respon dan antusiasme dari teman-teman Men's Republic dan Women's Republic saat itu juga sangat luar biasa positif saat kami meluncurkan sepatu edisi #IndonesiaMelangkah. Rasanya itu pertama kalinya brand lokal Indonesia memiliki inisiatif sosial seperti ini. Pastinya, ini menjadi batu loncatan bagi dunia brand lokal di Indonesia, bahwa brand lokal Indonesia juga memiliki sebuah misi sosial, yang biasanya hanya dilakukan oleh brand-brand global seperti Toms ataupun Patagonia.
 
Setelah penjualan selesai, seluruh donasi kami salurkan lewat Shoes 4 Flores. Jujur, hati kami begitu bergetar saat kegiatan donasi yang dikoordinasikan oleh teman-teman Shoes 4 Flores tersebut dilaksanakan di Flores, rasanya kami ingin terus melakukan kegiatan seperti ini seterusnya. It's very beautiful to do something impactful for the world.
 
Shoes 4 Flores
 
 
 
Momen tersebut menjadi titik balik dan juga inspirasi kami untuk menjadi brand yang fokus membuat dampak yang berkelanjutan. Bahwa sebagai sebuah brand, kami juga memiliki misi sosial untuk membuat dunia, khususnya Indonesia menjadi lebih baik. Kami berkomitmen untuk menjadikan gerakan ini bukan hanya gerakan sesekali saja melainkan menjadi nafas dari brand kami selamanya. Pastinya ini bukan pekerjaan mudah dan penuh dengan tanggung jawab, namun dengan bermodalkan niat yang tulus kami yakin bahwa kami mampu menjalankannya.
 
Terima kasih setinggi-tingginya kepada Chelsea, our best friend. Dan juga kepada Youth of Indonesia dan Shoes 4 Flores, yang telah menginspirasi kami dan bersama-sama melaksanakan pilot project ini. Ini menjadi kickstart bagi kami membangun suatu dampak besar bagi Indonesia sebagai sebuah brand.
 
Awal tahun 2020, kami membulatkan tekad untuk menjadi sebuah brand yang tidak hanya fokus pada keuntungan semata, namun menjadi sebuah brand yang juga peduli pada dampak sosial. Kami resmi mendirikan dan meluncurkan Yayasan Indonesia Berani Melangkah, yang menjadi perpanjangan tangan brand Republic untuk memberikan dampak sosial terhadap masyarakat.
 
Sampai dengan hari ini, kami telah bekerja sama dengan banyak yayasan, komunitas, organisasi sosial, sekolah dan juga aktivis perorangan di berbagai penjuru. Mulai dari Jabodetabek, Papua, Flores, dan Riau. Mulai dari Masjid, Gereja dan Wihara. Kami telah membagikan lebih dari 2500 pasang sepatu, 10,000 masker, 1000 buku pelajaran, 1000 pakaian dan menginspirasi lebih dari 5000 orang lewat kegiatan charity webinar kami.
 
Tidak puas sampai di situ, saat ini setelah berubah dari Men's Republic menjadi Republic, kami berkomitmen untuk mendonasikan 3% dari penjualan setiap produk yang terjual ke Yayasan Indonesia Berani Melangkah, yang semua kegiatannya akan berfokus pada tiga hal yaitu edukasi, pemberdayaan ekonomi dan juga bantuan sosial.
 
Terima kasih banyak, untuk kamu yang telah membeli produk-produk dari Republic karena artinya kamu telah membantu kami mewujudkan dunia yang lebih baik. Republic juga akan terus berusaha untuk menciptakan produk yang lebih baik untuk keberlangsungan dunia dalam jangka panjang.
 
We are a purpose oriented brand. Like what our founding father said. In this Republic, our mission is in order to improve the public welfare and to advance the intellectual life of the people
 
Republic
Walk Your Way